Elyzia Mulachela Berjaya Berkah Lagu Daerah  

Written By empatlima on Kamis, 07 Februari 2013 | 00.17


TEMPO.CO, Jakarta - Elyzia Mulachela tak bisa melupakan kenangan manis sekitar tujuh tahun lalu. Dia, yang ketika itu masih duduk di bangku sekolah dasar di Lombok, diajak memasuki dapur rekaman oleh Dinas Pendidikan Mataram, Nusa Tenggara Barat. Pemerintah setempat melirik Elyzia setelah ia menjuarai kontes menyanyi yang diselenggarakan RRI Lombok. "Saya diminta nyanyi lagu daerah," ujar pemeran Luhde dalam film Perahu Kertas ini, saat ditemui di Kemang, Selasa lalu.


"Lamaran" tersebut langsung diterima Cipy, sapaan akrab Elyzia. Ia menyumbangkan separuh dari selusin tembang berbahasa Sasak dalam album tersebut, yang kemudian diedarkan ke sekolah-sekolah di Mataram sebagai bahan rujukan mata pelajaran kesenian lokal. Selain itu, album tersebut dijadikan standar percontohan festival lagu daerah.


Menyanyikan lagu daerah, menurut dara berusia 17 tahun ini, bukan perkara mudah. Sang penyanyi harus fasih melantunkan lagu sesuai dengan pelafalan masyarakat setempat. Namun, tantangan itu dinikmati Cipy. "Dialeknya sih bisa. Tapi artinya, sampai sekarang kadang masih kurang mengerti, hehe…" ujar wanita blasteran Arab-Lombok-Betawi ini.


Menurut Cipy, kesempatan bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Mataram adalah titik tolak dalam karier bermusiknya. Dua tahun kemudian, ia memutuskan hijrah ke Ibu Kota dan mulai menimba ilmu olah vokal di Elfa's Secioria. Pemilik suara sopran itu rela meninggalkan kedua orang tuanya di Lombok demi mengembangkan bakat menyanyinya.


Pengorbanannya pun berbuah manis. Pada 2009, ia meraih juara I Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional Jakarta Pusat dan juara II tingkat DKI Jakarta. Dua tahun kemudian, siswa kelas III IPS SMA Perguruan Cikini itu pun merilis single berjudul Cinta yang Tak Mungkin Jadi. Lagu karya komposer Andi Rianto itu berjenis mellow pop, sama seperti genre musik yang diusung Rossa dan Celine Dion, penyanyi idola Cipy. Sayang, lagu tersebut kurang meledak di pasar.


Namun ternyata panggung sebelah, yakni industri film, malah meliriknya. Tahun lalu, ia dipinang Zaskia Adya Mecca untuk berperan sebagai Luhde dalam film Perahu Kertas garapan Hanung Bramantyo, suami Zaskia. Tampilan Cipy yang kalem dinilai cocok dengan karakter Luhde, gadis Bali yang tenang dan lembut.


Perahu Kertas pun bak pintu kesuksesan baru bagi Cipy. Setelah dipastikan terpilih memerankan Luhde, Cipy iseng curhat ke Zaskia. "Aku bilang ke Kak Zaskia kalau kisah Luhde itu Cinta yang Tak Mungkin Jadi banget,” kata pencinta film kartun Tom and Jerry ini. »Dari situ, Kak Zaskia akhirnya tahu kalau aku sebenarnya bisa menyanyi."


Curhat colongan itu ternyata berujung senyum di bibir Cipy. Zaskia akhirnya menggunakan Cinta yang Tak Mungkin Jadi sebagai salah satu lagu soundtrack film Perahu Kertas. Cipy pun sangat gembira. Selain bisa beradu akting dengan para pemain senior, seperti Tio Pakusadewo, Agus Melasz, dan Ira Wibowo, ia puas mengetahui bahwa lagunya kembali terangkat.


Dara yang bertinggi badan 160 sentimeter dan memiliki bobot 45 kilogram itu memang sementara ini lebih memilih menekuni bidang tarik suara. Cipy pun kini tengah dalam proses pembuatan album perdananya. "Kalau film, masih perlu banyak belajar. Tapi kalau nyanyi, aku sudah enjoy," ujar penyuka novel ini.


ISMA SAVITRI


Baca juga:


Maharani Buka-bukaan Soal Kasus Sapi


Le Meridien Pastikan Maharani Ditangkap di Kamar


Terima Rp 10 Juta, Maharani: Saya Enggak Munafik


Luthfi Hasan Akhirnya Mengaku Kenal Ahmad Fathanah


Anda sedang membaca artikel tentang

Elyzia Mulachela Berjaya Berkah Lagu Daerah  

Dengan url

http://racingenemy.blogspot.com/2013/02/elyzia-mulachela-berjaya-berkah-lagu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Elyzia Mulachela Berjaya Berkah Lagu Daerah  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Elyzia Mulachela Berjaya Berkah Lagu Daerah  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger