Data Center Telkom Ikut Ekspansi Go International

Written By empatlima on Kamis, 20 Juni 2013 | 00.11

Singapura - Telkom terus memacu pembangunan data center seluas 100.000 m2 hingga 2015 sebagai bagian dari ekspansi perusahaan untuk mengoptimalkan pasar penyimpanan data bagi korporasi, termasuk ekpansi ke pasar global.

Chief Information Officer PT Telkom Indonesia Tbk Indra Utoyo menjelaskan, Telkom Group saat ini sudah membangun sekitar 24.000 m2 data center di Jakarta, Surabaya, Balikpapan, termasuk di Singapura.

"Pengembangan data center ini menggandeng IBM, karena penyimpanan data cloud ini membutuhkan tingkat kepercayaan yang tinggi, terutama untuk masuk ke negara yang menerapkan sistem keamanan data yang ketat," ujarnya di sela pameran industri telekomunikasi CommunicAsia 2013 di Singapura, Rabu (19/6/2013).

Indra menjelaskan, Telkom juga akan membangun infrastruktur penyimpanan data ke sejumlah negara, seperti ke Hong Kong yang saat ini sudah berjalan, serta Taiwan dan Macau. Jalur ekspansi ini akan dibuka oleh Telkom International (Telin) di Hong Kong.

Menurutnya, pasar data center sangat besar terutama untuk menyiapkan infrastruktur terkait adanya kewajiban bagi perusahaan asing untuk menyimpan datanya di Indonesia. Selama ini, lanjutnya, perusahaan yang memanfaatkan data center Telkom sebagian besar dari sektor keuangan terutama perbankan.

"Kami optimistis bisnis data center akan berkembang, karena perusahaan akan lebih efisien dalam mengelola data perusahaannya secara cloud. Untuk itu, Telkom akan menggenjot pembangunan data center seluas 100.000 m2 hingga 2015," lanjut Indra.

Indra juga menambahkan, untuk mengenalkan layanan data center di Singapura, pihaknya mengadakan kunjungan ke ke pusat data Telkom di Bandara Changi yang merupakan data center Tier-3 dan memenuhi standar TIA/EIA-942.

Data center ini dilengkapi dengan sistem pengamanan yang handal, scalable uninterrupted power system dengan cadangan generator listrik, trend management system, hingga environment monitoring system.

Singapura dinilainya merupakan pasar yang tepat untuk mempromosikan berbagai produk dan layanan, sejalan dengan rencana pengembangan bisnis perseroan. Pihaknya juga mengandalkan anak usaha Telin untuk memperluas pasar luar negeri.

(rou/rou)

Anda sedang membaca artikel tentang

Data Center Telkom Ikut Ekspansi Go International

Dengan url

http://racingenemy.blogspot.com/2013/06/data-center-telkom-ikut-ekspansi-go.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Data Center Telkom Ikut Ekspansi Go International

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Data Center Telkom Ikut Ekspansi Go International

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger