Jero Wacik Sebut Renegosiasi Kontrak Tambang Sudah Ada Kemajuan

Written By empatlima on Kamis, 07 November 2013 | 00.43

Jakarta -Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik mengungkapkan proses renegosiasi kontrak karya (KK) dan Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) dengan perusahaan tambang mineral dan batubara sudah ada kemajuan. Ia berjanji sebentar lagi semua proses renegosiasi akan selesai.

"Proses renegosiasi sudah dalam tahap yang lebih maju, dari mineral dan batubara pada dasarnya untuk PKP2B sebagian sudah diparaf-paraf, tapi masih ada sederet renegosiasi yang harus kita lakukan, masih ada waktu," ujar Jero usai rapat koordinasi di Kantor Kemenko Perekonomian, Rabu (6/11/2013).

Jero mengungkapkan saat ini hampir 6 poin pokok-pokok renegosiasi sudah disetujui perusahaan mineral seperti masalah perubahan royalti, pembangunan smelter, luas lahan dan sebagainya.

"Sebelum akhir bulan target kami ada beberapa kontrak yang sudah beres. Renegosiasinya kita akan tandatangani di depan publik," ucap Jero.

Ditempat yang sama Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengklaim dari keseluruhan kontrak minerba antaralain kontrak karya (KK) dan PKP2B dan Izin Usaha Pertambangan (IUP) sebagian kontrak renegosiasinya sudah rampung.

"Dari keseluruhan baik KK, PKP2B maupun IUP dari kontrak-kontrak sebagian besar sudah rampung artinya sudah penuhi kriteria perundang-undangan kita. Seluruhnya sudah mengembalikan lahan yang melebih ketentuan. Lahan yang sudah dikembalikan jadi cadangan negara," ujar Hatta.

"Terkait royalti sendiri PKP2B royaltinya sudah naik, untuk royalti IUP disesuaikan dimana peraturan pemerintahnya sedang dipersiapkan itu meningkat dari yang ada sekarang, dari yang tadinya 3,5% sampai 7,5% kita samakan jadi 7,5%," ujarnya.

Hatta juga mengungkapkan bahwa semua perusahaan yang berstatus Kontrak Karya sudah bersedia membangun smelter.

"Semuanya mau bangun smelter tidak ada yang mau, tapi memang belum terbangun 100%, tapi kita nggak mau sekedar mau saja, itu harus diwujudkan makanya nanti harus ada jaminan," tandas Hatta.

Seperti yang diketahui, hari ini para menteri ekonomi mengadakan rapat di kantor Hatta Rajasa. Hadir antaralain Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik, Wamen ESDM Susilo Siswoutomo, dan Kepala BKPM Mahendra Siregar. Rapat berlangsung hampir selama 4 jam dari pukul 16.00 WIB.


(mkl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


Anda sedang membaca artikel tentang

Jero Wacik Sebut Renegosiasi Kontrak Tambang Sudah Ada Kemajuan

Dengan url

http://racingenemy.blogspot.com/2013/11/jero-wacik-sebut-renegosiasi-kontrak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Jero Wacik Sebut Renegosiasi Kontrak Tambang Sudah Ada Kemajuan

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Jero Wacik Sebut Renegosiasi Kontrak Tambang Sudah Ada Kemajuan

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger