Korban Trafficking yang Dibawa di Tebet: Kalau Tahu Ilegal Saya Nggak Mau

Written By empatlima on Kamis, 21 November 2013 | 00.35




Kamis, 21/11/2013 00:04 WIB





Prins David Saut - detikNews





Jakarta - Yuliana (38) merapikan barang-barangnya di sudut salah satu kamar berukuran 4 x 3 meter yang ia tiduri bersama 20 orang. Matanya berkaca-kaca karena harapan bekerja di Abu Dhabi pupus.

Yuliana adalah salah satu dari 41 wanita yang hendak bekerja di Timur Tengah melalui agen TKI. Yang tak disangka oleh dirinya adalah kantor agen TKI di Jalan K Asembaris No 5A Kebon Baru, Tebet, Jakarta Selatan, adalah ilegal.

Di kantor itu pula ia ditampung sejak 8 Oktober 2013 tanpa kepastian berangkat dan pelatihan. Badan Nasional Pengawasan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) kemudian menggerebek rumah 8 ruang itu dan menyerahkan Ahmad (39) pengelola agen tersebut ke polisi.

"Katanya mau dikirim kerja ke Abu Dhabi. Tahunya dimasukin ke sini ilegal. Demi Allah, kalau saya tahu, saya nggak mau," ujar wanita asal Sulawesi itu di lokasi, Rabu (20/11/2013).

Yuliana kemudian membopong tas besar berisi pakaiannya. Ia berbaris bersama 40 rekannya menuju 2 bus sedang yang tengah menunggu mereka di sudut gang untuk dievakuasi ke rumah penampungan BNP2TKI.

"Dulu saya pernah kerja di Arab Saudi pakai agen legal, makanya saya sudah curiga kok di sini nggak ada pelatihan. Biasanya ada pelatihan bahasa Arab, pelatihan ketrampilan, tapi ini nggak ada," ujar Yuliana yang kemudian masuk ke dalam bus.

Sebelum bus beranjak, Yuliana mengaku tak ada penyiksaan dari pegawai agen yang menampungnya. Makanan pun selalu siap sedia tiga kali sehari, termasuk obat-obatan.

Namun rekan Yuliana, bernama Munirah (42) nekat meninggalkan 2 cucunya di Cirebon karena tergiur tawaran seseorang untuk jadi TKI.

"Sudah tiga minggu saya di sini. Katanya yang mau berangkatin saya ke Arab itu sponsornya. Ditawari satu laki-laki, ya saya tergiur karena uangnya banyak," ujar Munirah.


(vid/fjr)





Sponsored Link




Anda sedang membaca artikel tentang

Korban Trafficking yang Dibawa di Tebet: Kalau Tahu Ilegal Saya Nggak Mau

Dengan url

http://racingenemy.blogspot.com/2013/11/korban-trafficking-yang-dibawa-di-tebet.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Korban Trafficking yang Dibawa di Tebet: Kalau Tahu Ilegal Saya Nggak Mau

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Korban Trafficking yang Dibawa di Tebet: Kalau Tahu Ilegal Saya Nggak Mau

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger